Minggu, 21 Agustus 2011


Kyuubi si ekor sembilan

- Nama: Rubah Ekor Sembilan (Kyūbi no Yōkō

- Jenis: Rubah Berekor Sembilan

- Jinchuuriki: Uzumaki Naruto

- Kemampuan khusus: Chakra tak terbatas.

Kyuubi berbentuk rubah dan berekor sembilan. Dikatakan bahwa diaadalah raja dari segala raja para siluman. Di Naruto, dia adalahsiluman yang disegel dalam tubuh Naruto yang menyebabkan dia dikucilkandi desanya, Konoha. Kekuatan Kyuubi sangatlah dahsyat; denganmengayunkan satu ekornya dia bisa menciptakan tsunami dan bahkanmeratakan gunung. Ketika Kyuubi menyerang Konohagakure, Hokage ke-4menyegelnya ke dalam tubuh seorang bayi bernama Naruto denganmenggunakan Dead Demon Consuming Seal dan mengorbankan dirinya sebagaitumbal.

Kyuubi adalah monster yang sangat kuat dan pintar tetapiberperasaan kejam dan sadis. Bagaimanapun, ia memiliki kehormatan danmengakui kekalahannya dari Hokage ke-4, sehingga ia pun tak seganmembantu Naruto, yang tubuhnya dijadikan tempat penyegelan oleh Hokageke-4, dengan cara membagi chakranya.

Sebagai Jinchuuriki, Naruto memiliki berbagai kelebihan; tingkatpenyembuhan diri sendiri yang sangat tinggi, stamina yang tak terbatas,dan akses untuk menggunakan chakra Kyuubi dengan jumlah yang sangatbesar. Chakra dalam jumlah besar yang didapatkan dari Kyuubi itumemungkinkannya untuk melakukan jurus andalannya, Kagebunshin no Jutsu,hampir tanpa batas, dan juga bisa mengatasi efek samping jutsu ini yangmembagi sejumlah chakra kepada klon yang dihasilkan. Dia bahkan mampumemanggil Gamabunta, si raja katak. Biasanya, hanya ninja tingkattinggi yang mampu memanggil makhluk sebesar Gamabunta.

Naruto biasanya dapat mengakses tambahan chakra dari Kyuubi ketikaia dalam keadaan sangat marah atau merasa nyawanya terancam. Ketikapertama kali mendapatkan chakra Kyuubi, pikiran Naruto menjadi tidakterkendali; ia menyerang apa saja yang ada di sekitarnya. Namun setelahdilatih oleh Jiraiya, Naruto mulai belajar untuk mengendalikan kekuatandan pikirannya saat menggunakan chakra Kyuubi. Untuk memanggilnya, iacukup memintanya kepada Kyuubi melalui pikirannya (Naruto menyebutnyamenyewa chakra). Kyuubi tak berkeberatan membagi chakranya kepadaNaruto karena tampaknya ia terkesan dengan keberanian Naruto.

Walaupun begitu, chakra Kyuubi memiliki efek samping. Jika Narutomengambil terlalu banyak chakra, maka kestabilan pikirannya akanterganggu dan tubuhnya akan berubah menjadi sebuah monster. Monster iniberbentuk seperti rubah dengan sinar chakra merah di seluruh tubuhnyadan memiliki ekor yang jumlahnya tergantung seberapa banyak chakraKyuubi yang diambil Naruto. Semakin besar chakra yang diambil, semakinbanyak pula jumlah ekornya. Kepribadian Naruto mungkin masih dominanketika ia berubah menjadi monster berekor tiga, namun ketika ia berubahmenjadi monster berekor ...
..empat, sifat-sifat kejam Kyuubi mulai tampak. Ia tidak dapat lagimembedakan teman atau lawan; ia dapat membunuh semua orang yang beradadekatnya. Tubuh Naruto saat itu tak lebih dari sekedar "penyangga" bagichakra Kyuubi. Chakra yang terlalu besar ini menyebabkan kulit Narutoterobek-robek dan mengeluarkan darah dari pori-porinya. Hal inimerangsang tubuh Naruto untuk menyembuhkan dirinya sendiri(self-healing) dan mempercepat regenerasi sel (cell regeneration).Akibatnya, calon sel dalam tubuh Naruto berkurang sehingga membuatnyalebih lemah dan memperpendek umurnya (hampir mirip dengan jutsupenyembuh milik Tsunade.

Untuk menghindari hal tersebut, guru Naruto, Jiraiya, melakukansebuah jurus penyegelan di tubuh Naruto ketika tanda-tanda perubahanwujud muncul dalam dirinya. Segel ini berfungsi untuk menahan chakraKyuubi agar tidak terlalu banyak memasuki tubuh Naruto. Sebagaitambahan, Yamato memperkenalkan jurus Enclosed Hermitage Return toSociety, yaitu jurus yang mampu mengembalikan tubuh Naruto dari bentukmonster ke bentuk semula.

Hokage ketiga dan Kakashi Hatake sempat berkata bahwa jika Narutokehilangan kontrol tubuh sepenuhnya, segel akan terlepas dan Kyuubiakan bebas sementara tubuh Naruto kehilangan jiwanya—Naruto akan mati.Hal ini sangat mungkin terjadi karena Naruto adalah seorang yangpemarah dan dapat dengan mudah kehilangan kontrol atas tubuhnya jika iasedang marah. Bahkan belakangan, Jiraiya menyebutkan bahwa segel Kyuubidi tubuh Naruto terus melemah. Hal ini ditandai dengan semakinseringnya Naruto berubah ke wujud monster berekor.

Menjelang akhir misi di negara rumput, tersingkap kabar bahwaKyuubi mengetahui tentang rahasia klan Uchiha. Hubungan antara klanUchiha dengan Kyuubi sampai saat ini belum diketahui. Yang sudahdiketahui saat ini adalah ada seorang anggota Klan Uchiha, MadaraUchiha, yang memiliki chakra lebih besar dan jahat ("terkutuk", sepertiyang dikatakan oleh Kyuubi) daripada milik Kyuubi, sehingga beberapaanggota klan Uchiha keturunan Madara mampu menahan dan menekankeluarnya chakra Kyuubi, seperti yang pernah dilakukan Sasuke terhadapNaruto di salah satu bagian komik ini. Bagaimanapun, Kyuubi tetapmelindungi Naruto dengan mengatakan kepada Sasuke bahwa jika Sasukemembunuh Naruto, Sasuke akan menyesalinya.

Ekor Kyuubi yang berjumlah sembilan buah didasari pada sebuahlegenda yang mengatakan bahwa seekor rubah memiliki jumlah ekor yangakan terus bertambah seiring dengan bertambahnya kekuatan miliknya,Jumlah ekor rubah tersebut akan berhenti bertambah ketika mencapaisembilan buah. Namun dalam kebanyakan cerita, jumlah ekor yangditampilkan hanya 1, 5, atau 9 ekor saja. Jarang sekali cerita yangmenampilkan rubah dengan jumlah ekor selain tiga angka di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar